Melakukan konfigurasi DNS (domain name server) pada sebuah domain mempunyai langkah yang berbeda-beda tergantung dimana domain tersebut didaftarkan. Namun secara garis besarnya sama, yaitu mengatur domain tersebut untuk mengarah ke server tertentu (dalam hal ini server web hosting yang anda gunakan).

Langkah-langkah dalam konfigurasi tersebut adalah berikut:

  1. Mengatur pengaturan DNS, Name servers, atau yang sejenis
  2. Memilih opsi untuk mengarahkan domain tersebut ke web hosting tertentu
  3. Mengisikan Name server web hosting yang dituju.

Jika anda membeli domain di salah satu penyedia jasa web hosting Indonesia (hanya membeli domain, tanpa membeli salah satu paket web hosting karena anda ingin menggunakan jasa web hosting di tempat lain atau berencana menggunakan web hosting gratis), maka anda dapat meminta bantuan kepada costumer support untuk melakukan konfigurasi DNS pada nama domain anda.

Namun jika anda membei domain ber-pagerank dari seseorang, biasanya domain tersebut didaftarkan di registrar luar negeri seperti Godaddy, Name.com, dan lain-lain. Mintalah bantuan kepada penjual domain tersebut untuk memandu anda dalam melakukan konfigurasi DNS.

Godaddy menjadi domain registrar yang cukup popular di kalangan pebisnis online. Jika anda memperhatikan aktifitas jual-beli domain di forum-forum, sebagian domain yang diperjual belikan merupakan domain yang didaftarkan di Godaddy.

Jika anda membeli domain ber-pagerank yang didaftarkan di godaddy, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan konfigurasi DNS.

  • Login terlebih dahulu ke account anda.
  • Pada navigasi sebelah kiri, klik domain manager.
  • Klik domain yang akan dikonfigurasi
  • Tekan tombol Nameservers.
  • Pilih opsi I host my domains with another provider, lalu masukkan nameserver pada kolom yang disediakan dan tekan tombol OK
sumber

4/25/2016 04:07:06 am

Learn how to choose web hosting companies. Our unique ... I began obsessing over finding the best hosting companies, and WebHostingBreak™ was born.

Reply



Leave a Reply.

    Author

    Write something about yourself. No need to be fancy, just an overview.

    Archives

    December 2013

    Categories

    All