Pengertian Domain
Pengertian Domain menurut wikipedia, Domain adalah semacam identitas server komputer kita dalam jaringan komputer atau internet, Domain sendiri berfungsi untuk mempermudah pengguna internet dalam mengakses server tanpa harus mengingat deretan angka rumit yang biasa disebut dengan Alamat IP. Namun dalam membuat website tidak hanya mengaktifkan nama domainnya saja, namun juga kita perlu space khusus untuk menempatkan file pada sebuah server yang bernama web hosting.

Domain dalam bentuk awalnya terbagi menjadi 2 bagian yaitu Nama Domain dan Ekstensi Domain, Contohnya nama domain twitter.com, Twitter adalah nama domain dan ekstensinya adalah COM, antara nama dan Ekstensi domain dipisahkan dengan DOT (.). dalam perkembangannya ekstensi domain tidak hanya domain .com saja, ekstensi domain dibagi menjadi beberapa bagian sebagai berikut
  • .com (untuk Komersial)
  • .net (untuk Network atau Jaringan)
  • .org (untuk Organisasi)
  • .edu (berarti pendidikan/edukasi)
  • .gov (berarti pemerintahan)
  • .mil (berarti militer)
  • .info (berarti informasi)
  • dll
  • Country Code Top Level Domain (ccTLD) merupakan domain yang dipakai untuk mengidentifikasikan kode negara
  • id (Kode Domain Negara Indonesia)
  • ca (Kode Domain Negara Canada)
  • us (Kode Domain Negara Amerika Serikat)
  • uk (Kode Domain Negara Inggris)
  • dll
Namun sejalan dengan perkembangan zaman, ekstensi domain seperti dijelaskan diatas tidak harus mengikuti dengan arti ekstensi domain tersebut. Kita bisa menggunakan ekstensi domain sesuai dengan yang kita inginkan baik sesuai dengan kebutuhan, branding dan kegunaan lainnya.

Pengertian Sub DomainSubdomain merupakan nama domain dibawah naungan Top Level Domain, tetapi Subdomain mampu untuk berdiri sendiri, sebagai contoh adalah ketika kita mendaftarkan blog gratis di Blogspot, WordPress, Tumblr dll, kita akan diberi alamat domain misalnya tipsmemilihwebhosting.blogspot.com atau tipsmemilihwebhosting.wordpress.com, ketika kita memiliki domain TLD pun kita bisa menambah subdomain misalnya blog.tipsmemilihwebhosting.com, toko.tipsmemilihwebhosting.com dll.

Perlu diketahui bahwa dalam Pembuatan Nama Domain tidak mempermasalahkan besar kecilnya huruf yang digunakan, jadi misalnya Twitter.COM, twitter.com atau TwiTTer.Com itu sama saja, dan perlu diketahui pula nama domain hanya terdiri dari Huruf,Angka dan garis penghubung, jadi tidak di izinkan untuk memakai tanda diluar itu.

Sekarang pastinya sobat sudah tahu pengertian Domain dan apa kegunaan Domain serta Jenis-Jenis Domain, secara sederhana domain adalah alamat website kita, jika ada pengunjung yang demen untuk membaca artikel-artikel kita, pengunjung hanya tinggal mengingat nama domain tersebut atau mem-bookmark pada browser mereka untuk mempermudah mereka berkunjung kembali ke website kita.

Untuk jangka panjang sangat penting untuk kita sebagai Blogger memiliki Nama Domain Sendiri, penentuan nama domain bisa bermacam macam tergantung dari tujuan pembuatan website/blog masing-masing, ada yang memberi nama domain sesuai dengan keyword yang dikehendaki, biasanya ini dilakukan untuk membidik keyword yang dimaksud, misalnya tutorialblog.com yang berarti sang empunya blog/website tersebut menginginkan pengunjung blognya adalah orang-orang yang sedang mencari tutorial-tutorial blog, pembuatan domain seperti ini sangat bersahabat dengan optimasi search engine (SEO).

5/10/2017 12:57:59 am

If you are seeking to take your online business to new heights, you should opt for a web hosting option that delivers proficiency, security and reliability. A dedicated server is one of the cutting-edge platforms that ensure your mission-critical applications remain up and running all the time, without conceding with security and compliance requirements.

Reply
1/14/2020 03:20:12 am

sekedar berkunjung gan:)

Reply
A
2/16/2020 07:37:05 am

<a href="www.faaris.id" rel="dofollow">Faaris</a>

Reply



Leave a Reply.

    Author

    Write something about yourself. No need to be fancy, just an overview.

    Archives

    December 2013

    Categories

    All